Peng. Tek. Internet & New Media T1

SEJARAH, PENGERTIAN & PERKEMBANGAN INTERNET 

Perkembangan Internet di Dunia dan Indonesia

Sejarah Internet – Awalnya Internet adalah jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika (dibentuk tahun 1969), melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network).

Tujuan awal dibangunnya Internet (Proyek Internet) adalah untuk keperluan militer. Pada masa tersebut Departemen Pertahanan Amerikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah penting (vital) untuk mengatasi masalah bila suatu saat terjadi serangan nuklir dan digunakan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, karena jika semua informasi dijadikan terpusat akan mudah dihancurkan bila terjadi perang.

Pada awalya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs, yaitu University of Utah, Santa Barbara, University of California, Stanford Research Institute, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada Oktober 1972. Tak lama setelah itu proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di Amerika ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk menanganinya.

Oleh karen itu ARPANET kemudian dipecah manjadi dua, yaitu “ARPANET” baru yang berukuran lebih kecil yang digunakan untuk kepentingan non-militer seperti untuk keperluan riset pada universitas dan “MILNET” yang digunakan untuk keperluan militer. Gabungan dua jaringan tersebut kemudian dikenal dengan nama DARPA Internet, yang nantinya disederhanakan menjadi Internet.

 – Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia

Sejarah internet Indonesia dimulai pada dekade 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa di antara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasagna Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet. Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. Onno W. Purbo, Muhammad Ihsan, RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar dan Adi Indrayanto, merupakan beberapa nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia pada tahun 1992 hingga 1994.

Tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat kita lihat di berbagai artikel artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB pada tahun 1989 dan juga di media cetak seperti KOMPAS dengan judul “Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio” yang terbit pada bulan November 1990.

Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet.

Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah dari Sanjaya merupakan dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine serta chatting dengan conference pada server AIX. Tahun 1995, pemerintah Indonesia melalui Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan ijin untuk ISP yang diberikan kepada IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya dan Radnet pimpinan BRM. Roy Rahajasa Yamin.

Sejak tahun 1995 beberapa BBS (Bulletin Board System) di Indonesia misal Clarissa telah menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di Amerika Serikat, maka pemakai Internet di Indonesia dapat akses Internet (HTTP).

– PENGERTIAN NEW MEDIA

Image result for pengertian new media menurut buku

New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet. Seperti contoh, web, blog, online social network, koran digital, dan lain-lain. Istilah new media baru muncul pada akhir abad 20-an yang dipakai untuk menyebut sebuah media baru yang menggabungkan media-media konvensional dengan internet. Dan tak dapat dipungkiri lagi bahwa new media membawa dampak bagi kehidupan sosial masyarakat, baik itu positif maupun dampak negatif.

Menurut Arshano sahar (2014) new media digunakan untuk menjelaskan kemunculan media yang bersifat digital, terkomputerisasi, dan berjaringan sebagai efek dari semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. New media memungkinkan para penggunannya untuk mengakses berbagai konten media kapan saja, dimana saja dengan berbagai eletronik. New media memiliki sifat interaktif dan bebas.

Perkembangan new media di masyarakat memang sangat besar, terutama dalam penggunaan teknologi internet. Banyak macam dari new media yang kadang membuat pengaruh negatif, namun tak dapat disangkal bahwa new media pun memberikan banyak kontribusi positif bagi masyarakat.

1. Karakteristik New Media
Segala bentuk media baru sudah terbukti dapat memudahkan banyak orang, terutama dalam bidang komunikasi dan informasi. Tetapi tak banyak yang mengetahui ciri-ciri media baru yang saat ini hampir semua orang menggunakannya.

Berikut adalah ciri-ciri media baru menurut Denis McQuail (2011).

  • Adalah saling keterhubungan (interkonetivitas)
  • Aksesnya terhadap khalayak individu sebagai penerima maupun pengirim pesan
  • Interaktivitasnya
  • Kegunaan yang beragam sebagai karakter yang terbuka
  • Sifatnya yang ada dimana-mana

Tidak hanya memiliki ciri-ciri, tetapi media baru memiliki karakteristik, dimana karakteristik ini adalah gambaran spesifik pembeda media baru dengan media lainnya, yaitu:

a. Digital

Digital merupakan syarat wajib untuk dapat dikategorikan sebgai media baru, berbeda dengan yang lalu, pada media baru, semuanya tesimpat dalam digital.

b. Interaktif

Kebebasan dalam beriinteraksi adalah syarat wajib juga untuk dikategorikan sebagai media baru, user pada media baru tidak hanya memberikan pesan namun juga dapat menerima pesan saat itu juga.

c. Hypertextual

Merupakan potongan kata-kata yang akan masuk ke laman yang akan dituju saat kita klik. Contoh: pengunaan google, yang memudahkan orang untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

d. Virtual

Adalah sesuatu yang dapat diartikan “tidak nyata”. Tidak nyata yang dimaksud adalah tidak terdapat wujud fisiknya. Contoh: saat menggunakan foto profil pada sebuah akun aplikasi sosial media, foto yang terpasang adalah wajah kita saja melainkan bukan wujud kita yang sebenarnya.

e. Jaringan

Sebuah internet tidak dapat berguna jika tidak terdapat user/pengguna nya. Dalam hal ini internet dapat menyebabkan sebuah hubungan antar satu pengguna, dengan pengguna lain.

f. Simulasi

Adalah penyajian kembali peristiwa yang telah terjadi sebelumnya, tetapi dalam penyajian barunya diperlukan penambahan efek tertentu.

2. Macam new media

Macam-macam media baru diantaranya:

a. Handphone atau smartphone

New media jenis ini adalah yang paling banyak kita jumpai dimana pun dan kapan pun sehingga new media ini tidak asing lagi buat masyarat kita dan new media jenis ini dipakai oleh umur tingkat berapapun dari yang muda hingga yang tua, dari pekerjaan kantoran hingga mahasiswa dan anak-anak SMP dan SMA. New media jenis ini dapat menyalurkan informasi dengan cepat melalui fasilitas internetnya. Manusia dapat berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan new media jenis ini. fasilitas yang ditawarkan beragam mulai dari telepon, SMS hingga video call.

b. Komputer

New media yang satu ini juga tidak asing lagi bagi masyarakat kita, komputer yang dulunya susah untuk dijangkau oleh masyarakat menengah kebawah sekarang sudah bisa dijangkau, mereka bisa pergi ke warnet (warung internet) yang memberikan layanan untuk mereka menggunakan atau mengakses internet dengan mudah dan murah, warnet ini dapat kita temukan dimana saja disekitar kita. Teknologi ini merupakan awal mula dari new media. Banyak sekali manfaat dari teknologi yang satu ini. Semua hal dari new media merupakan bagian dari komputer itu sendiri. Bisa dibilang komputer ini merupakan peralatan dasar untuk membuat new media yang berguna bagi masyarakat banyak.

c. Internet

Setelah komputer merupakan alat dasarnya, internet ini adalah sebagai penyalur informasinya. Mengapa new media berkembang begitu pesat?karena informasi mengenai new media ini begitu cepat diberikan terhadap masyarakat melalui teknologi internet ini.Teknologi ini saya rasa tidak akan mati karena manusia menjadikan internet sebagai gaya hidup mereka.

d. Sosial network

Twitter, facebook, tumblr dan lain-lain adalah jejaring sosial di dalam internet itu sendiri. ini merupakan bagian dari internet yang dampaknya sangat besar terhadap masyarakat.dengan teknologi ini manusia dapat saling berkomunikasi dengan cepat dan mudah.Hampir sama dengan teknologi handphone diatas tetapi teknologi ini bersifat lebih universal.Dan masih banyak lagi macam-macam new media yang akan ada di masa mendatang.

Di atas, kita sudah membahas tentang macam-macam media baru sekarang kita akan membahas tentang jenis-jenis media baru, diantaranya:

a. Mikro komputer

Unit yang berdiri sendiri, biasanya dengan ketentuan untuk memuat perangkat lunak individual dan kadang-kadang dihubungkan dengan mikrokomputer lain dalam jaringan. Unit pusat pengolahan mikrokomputer yang membaca dan mengeksekusi instruksi program adalah berupa sebuah chip semikonduktor tunggal.

b. Telekonferensi

Pertemuan kelompok kecil yang dimiliki oleh komunikasi elektronik interaktif antara tiga orang atau lebih dalam dua atau lebih lokasi yang terpisah. Tiga jenis utama telekonferensing adalah video telekonferensi, telekonferensi audio, dan telekonferensi computer.

c. Teleteks

Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frame informasi untuk melihat pada layar televisi rumah.

d. Video text

Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frames informasi dari sebuah computer pusat untuk melihat pada layar tampilan video.

e. Komunikasi satelit

Komunikasi satelit terdiri dari pesan telepon, siaran televisi dan pesan lain dari suatu tempat di permukaan lain. Satelit ini biasanya diletakan di stationer atau di sekitar khatulistiwa sekita 22.300 mil dari permukaan bumi. Pada dasarnya, transmisi satelit televisi, telepon.

3. Pengaruh New Media

Bidang Pendidikan 
Manfaat Internet sebagai new media juga sangat dirasakan oleh dunia pendidikan, utamanya pada level pendidikan tinggi. Bagi mahasiswa yang hendak melanjutkan pendidikan di luar negeri akan sangat mudah mencari informasi tentang PT di luar negeri yang diminatinya hanya dengan mengakses situs PT tersebut yang ada di Internet. Bahkan beberapa PT terkenal di luar negeri menyediakan fasilitas untuk mengunduh formulir pendaftaran.
Konsep pendidikan konvensional banyak berubah setelah munculnya Internet. Model kuliah, perpustakaan, pembuatan tugas, pengisian rencana studi dan lain sebagainya sudah disesuaikan dengan apa yang dapat dilakukan melalui Internet. Sebagian besar PT di Indonesia sudah mengikuti perkembangan teknologi Internet yang diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan layanan yang disediakan oleh kampus.
Pemanfaatan Internet oleh kampus secara garis besar dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1. Situs resmi Perguruan Tinggi Perguruan Tinggi (PT) memiliki situs resmi yang dapat diakses oleh setiap pengguna Internet mengenai informasi yang dicari oleh pihak-pihak yang membutuhkan. Informasi yang paling sering dicari adalah jadwal Ujian Saringan Masuk (USM) PT tersebut beserta persyaratannya. Sudah banyak PT yang menyediakan fasilitas pendaftaran online untuk mengisi data yang diminta meskipun formulir pendaftarannya harus dibeli secara langsung, biasanya di bank-bank. Hasil USM juga sudah dapat dilihat oleh peserta USM di situs PT tempat ia mengikuti ujian. Semakin bagus situs PT tentunya akan mendapat respek yang baik dari para pengakses terutama dari calon mahasiswa.
2. Urusan Administrasi Setiap PT mungkin tidak persis sama mengenai apa yang bisa disediakan melalui pemanfaatan Internet namun umumnya adalah sebagai berikut:
a. Pengisian Formulir Rencana Studi (FRS) online. Sebaiknya pengisian FRS online dapat dilakukan melalui situs PT di Internet bukan melalui LAN sehingga mahasiswa dapat mengisi FRS dari mana saja bahkan kalaupun yang bersangkutan sedang liburan di luar negeri. Mengenai konsultasi dengan Dosen Wali dapat dilakukan melalui kontak email meskipun tidak semua Dosen Wali memiliki waktu untuk menjawab email dari mahasiswa.
b. Melihat nilai secara online Mahasiswa dapat melihat nilai tugas, praktikum, UAS, UTS secara online melalui situs PT di Internet. Seringkali mahasiswa setelah UAS pergi berlibur atau pulang kampung, namun melalui Internet mahasiswa tersebut tetap dapat mengakses semua nilai yang berkaitan dengan kegiatan perkuliahannya. Melalui situs itu juga sebaiknya mahasiswa dapat mencetak nilai-nilainya dalam format yang resmi sehingga hasil cetakan tersebut dapat dijadikan rapor atau Lembar Hasil Studi (LHS) per semester sehingga mahasiswa tidak perlu repot-repot mendatangi TU Fakultas/Jurusan untuk memperoleh LHS dan hal itu juga akan mengurangi kesibukan bagian akademik Fakultas/Jurusan.
3. Metode pengajaran Internet telah nyata mengubah metode atau cara pengajaran yang dilakukan oleh Dosen kepada mahasiswa. Hal-hal yang dapat dilakukan Dosen berkaitan dengan pemanfaaatan Internet sebagai media pengajaran antara lain:
a. Dengan menggunakan lap top atau PC plus proyektor LCD maka dengan memanfaatkan fasilitas Internet kampus Dosen dapat memberikan materi kuliah dengan contoh-contoh yang ada di Internet.
b. Dosen dapat meminta kepada mahasiswa untuk membuat sebuah milis di Yahoo atau Google dan sejenisnya sebagai media komunikasi antara Dosen dan mahasiswa yang berkaitan dengan materi kuliah, pengumpulan tugas dan bahan presentasi.
c. Dosen memberi tugas kepada mahasiswa dengan mencari data-data yang ada di Internet. Sayangnya sebagian besar mahasiswa hanya melakukan ”copy paste” terhadap materi yang didapatkan dari Internet. Sebaiknya Dosen tidak mentolerir hal tersebut dan memberi nilai yang jelek kepada tugas model ”copy paste” sehingga ke depannya mahasiswa tidak lagi berani melakukan hal yang sama dan materi dari Internet hanya sebagai referensi saja.
d. Dosen juga dapat melakukan video conference dengan PT lain baik di dalam ataupun di luar negeri apabila fasilitas di PT tersebut memungkinkan untuk melakukan kegiatan tersebut. Sebenarnya sekarang ini video conference sudah lebih murah biayanya dengan memanfaatkan layanan dari MSN Messenger, Yahoo Messenger atau Skype.
4. Perpustakaan digital Sudah banyak PT yang menyediakan layanan perpustakaan digital dimana buku yang ada diperpustakaan sudah diubah ke format digital, biasanya menggunakan format pdf. Fasilitas ini memang biasanya hanya dapat diakses oleh pengguna Internet yang memiliki akses ke fasilitas tersebut, misalnya mahasiswa dan dosen PT tersebut saja atau pihak lain dalam kaitan kerjasama antar universitas yang berbentuk jaringan seperti APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik) Indonesia.
5. Jurnal online Sebagian besar PT di Indonesia telah berlangganan jurnal online yang sesuai dengan kebutuhan PT tersebut. Pengelola jurnal online yang terkenal antara lain Proquest, JSTOR, Elsevier dan Springer. Kehadiran jurnal online sangat membantu Dosen dan juga mahasiswa dalam menyusun sebuah karya tulis ilmiah, apakah itu makalah, artikel. skripsi, tesis dan disertasi. Apabila dulu kebanyakan karya tulis menggunakan buku teks sebagai referensi maka sekarang ini jurnal sudah menjadi referensi utama dalam penulisan karya tulis ilmiah. Melalui jurnal online dapat diperoleh bahan bacaan yang sangat banyak sehingga dapat dihindari kasus plagiasi dan karya tulis ilmiah tersebut seharusnya lebih berbobot.
Internet juga dijadikan media untuk program kuliah jarak jauh (distance learning) yang diselenggarakan oleh PT yang menyediakan perkuliahan jenis itu. Beberapa PT di luar negeri sering menawarkan program tersebut di Internet dan mungkin saja peminatnya banyak karena siapapun yang memenuhi syarat dapat menempuh program tersebut di negara manapun dia berada. Tentunya calon mahasiswa harus hati-hati dalam memilih PT yang dituju dengan mempertimbangkan reputasi PT penyelenggara kuliah jarak jauh tersebut.
Kekurangannya selain Rawan Plagiasi dalam pengerjaan Tugas, di Kampus yang berfasilitaskan Internet untuk Mahasiswanya bisa digunakan oleh Mahasiswa untuk melakukan hal yang negatif seperti bermain Game, Download sesuatu yang tidak berguna dan sebagainya. kemudian memandang hal tadi, Pemanfaatan Internet di lingkungan Kampus menjadi bahan Introspeksi bagi diri sendiri, sehingga Kecepatan Internet di beberapa Kampus yang ternama pun dibatasi kecepatannya guna mengurangi penggunaan Internet yang tidak bijak.

a. Pengaruh positif new media

1) Memberikan informasi dengan cepat lebih efisien.

Media baru sangat mumpuni dalam menyebarkan informasi secara cepat, karena teknologinya yang tak terhambat oleh jarak maupun biaya.

2) Dapat mudah diakses dimanapun

Dengan adanya media baru pengguna tidak lagi disusahkan dalam pengaksesan informasi, hanya tinggal memaikan perangkatnya, dan hubungkan ke internet, pengguna akan mendapatkan informasi kapanpun dimanapun berada.

3) Sangat berguna untuk membangun bisnis baru

Dengan menggunakan media baru, pelaku usaha tidak lagi pusing terkait iklan produknya. Hanya bermodal promosi melalui sebuah website, produk dapat dikenal masyarakat, bahkan skala internasional dengan dana relatif lebih murah daripada harus memakai media konvensional seperti brosur spanduk dll.

b. Pengaruh negatif new media

Dengan segudang manfaat yang dapat diberikan oleh media baru tentunya ada juga dampat negatif yang diberikan dari media baru ini, diantaranya yaitu :

1) Menjadi lebih pasif

Sekarang semua yang dikerjakan dan dibutuhkan sudah dapat diakses hanya via laptop bahkan dengan smartphone. Kita hanya tinggal duduk manis, sambil mencari informasi yang dibutuhkan tanpa perlu lagi membuka buku/referensi lain yang dibutuhan karena semua sudah dapat ditemukan di internet. dalam hal ini orang-orang menjadi malas bahkan menjadi antisosial.

2) Berita hoax dan Hate Speech merajalela

Dengan adanya kebebasan dalam menulis apapun di media sosial kadang sering ada orang yang menyebarkan berita yang kurang akurat dengan berbagai mcam tujuan dari yang hanya ingin cari sensasi hingga memang bermaksud menyerang pihak lain melalui kata-kata maupun gambar yang dibagikan melalui berbagai aplikasi penyedia media sosial. Hal ini kadang sulit dikontrol mengingat kita tidak dapat dengan mudah mengenali identitas seseorang yang berselancar didunia maya hanya dengan melihat akun media sosialnya.

3) Penipuan di dunia maya semakin merajalela

  • Promo belanja potongan harga atau mungkin kupon undian sekarang tidak hanya ditemukan di pusat perbelanjaan, melainkan internet itu sendiri. Para penjahat dunia maya ini memanfaatkan kesempatan untuk melakukan penipuan atas segala bentuk. Tidak hanya penipuan melalui promo, tetapi banyak terjadi kejahatan seperti mencuri data orang lain melakukan (hack) berbagai informasi penting yang nantinya dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab .
4) Situs pornografi yang dengan mudah ditemukan.
5) Berita hoax dan Hate Speech merajalela
6) Menjadi Konsumtif

DAFTAR PUSAKA :

http://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/view/418
https://www.siswapedia.com/sejarah-internet-di-indonesia/http://www.newmedia.org/what-is-new-media.html
Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti
Mc Quail, Dennis. 2011. Media Performance: Mass Communication and the Public Interest. London: Sage Publication

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

Design a site like this with WordPress.com
Get started